Selamat Datang di Dila's Blog.. Nothing Special in here but many advantage.. Tidak Special disini tapi banyak keuntungan.. Please Follow my Blog..

Sabtu, 18 Desember 2010

Mengatasi Gugup Saat Presentasi di Kelas

Saat menunggu waktu untuk mempresentasikan tugas di depan teman dan guru, uuugghh…rasanya pengin deh, kabur dari kelas. Deg-degan, keringat dingin, mual, dan mulas campur jadi satu.

Hihihi, wajar kok kalau kita merasa gugup saat harus presentasi di depan kelas. Bahkan seorang public speaker pun masih bisa menderita demam panggung tuh, saat harus berbicara di depan umum. Biasanya gugup itu datang saat rasa percaya diri kita berkurang. Nah, biar presentasi lancar, coba deh tip berikut:
• Sebelum presentasi, siapkan diri dulu dengan memahami materi apa yang akan kita bawakan. Biar nggak ribet, bikin saja pointers di kertas kecil tentang apa yang akan kita presentasikan. Nggak usah menulis panjang lebar, ya.
• Bersikap nothing to lose. Keinginan kita untuk melakukan sebaik mungkin tanpa cacat, atau ketakutan untuk membuat kesalahan bikin kita jadi tegang dan grogi sendiri.
• Tenang dan hadapi audience dengan percaya diri. Kalau memang kita termasuk berbakat melawak, boleh banget tuh menyisipkan humor di awal presentasi kita. Tapi, kalau kita tipe yang serius, ya nggak usah memaksakan diri untuk ngelawak, ya. Daripada garing, hihihi…
• Usahakan untuk berbicara jelas dan nggak usah terburu-buru. Ibarat CD Player, kadang kita juga perlu mem-pause presentasi kita. Nah, saat inilah kita ambil nafas panjang untuk makin mengurangi grogi.
• Jangan lupa juga untuk eye contact sama audience, ya. Nah, GADIS punya sedikit tip nih. Kalau kita ‘nggak sanggup’ untuk eye contact, kita cukup melihat rambut di atas kening audience saja. Psstt, dari jauh kita akan terlihat seperti memandang mata mereka, lho.
Jadi, sudah siap kan untuk menghadapi presentasi besok? Good luck, guys!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar