Selamat Datang di Dila's Blog.. Nothing Special in here but many advantage.. Tidak Special disini tapi banyak keuntungan.. Please Follow my Blog..

Selasa, 15 Februari 2011

Pentingnya Makanan Bergizi

Setiap orang butuh makanan bergizi, kita pasti sudah tahu. Tapi, kalau remaja seusia kita butuh lebih banyak nutrisi dibandingkan tingkat usia lainnya, hm belum tentu kita tahu. Yap, faktanya, usia kita sekarang ini adalah tahap pertumbuhan. Mulai dari pertumbuhan fisik, seksual, dan juga kemampuan berpikir. Itulah kenapa, kebutuhan gizi kita jadi sesuatu yang penting banget.

Masalahnya, kita suka cuek sama jumlah nutrisi yang masuk ke tubuh kita lewat makanan. Ada beberapa masalah kebiasaan makan yang biasanya terjadi di usia kita, misalnya melewatkan sarapan, ngemil makanan berkalori tinggi, konsumsi fast food yang berlebihan, atau diet sembarangan, yang kemudian berefek pada kebutuhan gizi kita.

Padahal, jika kita nggak memenuhi kebutuhan gizi tubuh, ada beberapa bahaya yang siap mengintai kita. Yaitu pertumbuhan fisik yang lambat, kesulitan berpikir, kehilangan zat besi akibat menstruasi, karies gigi karena terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, bahkan bisa berdampak osteoporosis saat kita tua. Ouch!

Sebelum terlambat, yuk kita penuh kebutuhan gizi kita. Dan berikut ini, beberapa nutrisi yang kita perlukan dalam sehari:
  • Karbohidrat. Bisa didapat dari beras, terigu dan hasil olahannya (mie, pasta), umbi-umbian (ubi, singkong), dan jagung.
  • Protein. Bisa didapat dari daging, susu dan hasil olahannya, kacang-kacangan.
  • Kalsium dan besi. Bisa didapat dari ikan, kacang-kacangan, sayuran.
  • Vitamin. Bisa didapat dari sayuran dan buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar